I.TUJUAN
- · . Siswa dapat menggunakan Proteus 7
- · Siswa dapat mengenali bagian-bagian Proteus 7
- · .Siswa dapat membuat rangkain Flip-flop,Running-LED,dan Traffic light
II.ALAT DAN BAHAN
- · .PC
- . Proteus 7
III.DISKRIPSI TUGAS
IV.HASIL KERJA
A.Rangkaian Flipflop
Bahan:
Bahan:
- · IC 555
- · Kapasitor
- · LED
- · Potensio
- · Resistor
- · Power
- · Ground
Gambar
rangkaian:
B.Rangkaian Running-LED
Bahan:
- · IC 555
- · Kapasitor
- · LED
- · Potensio
- · Resistor
- · Power
- · Ground
- · IC 4017
Gambar rangkaian
:
C.Rangkaian Traffic light
Bahan:
- · IC 555
- · Kapasitor
- · LED
- · Potensio
- · Resistor
- · Power
- · Ground
- · IC 4017
- · Diode
Gambar rangkaian:
V.LANGKAH KERJA
- Menghidupkan computer/PC · Buka software proteus ISIS 7
- Kemudian pilih "Component Mode" dan kemudian pilih "P" untuk memasukan bahan
- Untuk "GROUND" dan "POWER" berada di "Terminal Mode"
- Kemudian masukan bahan yang akan digunakan untuk membuat skematik pada "Jendela atau Lembar Kerja" dengan cara meng-klik komponen yang akan digunakan
- Kemudian buatlah jalur yang menghubungakan komponen satu dgn lain jika sudah selesai tekan tombol Play
- Jika terdapat kotak kecil berwarna abu-abu atau kuning berarti terdapat konsleting terdapat tanda abu-abu atau kuning tersebut, tetapi jika terdapat kotak berwarna biru atau merah maka rangkaian tersebuat sudah benar
- Tekan "Stop" jika telah selesai meng-check rangakain, dan hendak meperbaiki rangkain yang salah
- Telah selesai, skematik rangkain dapat disimpan di folder kita.
VI.KESELAMATAN KERJA
- Siswa menggunakan wearpack
- Siswa tidak boleh makan dan minum di LAB
- . Siswa tidak boleh gaduh saat di LAB
- . Menaati peraturan LAB
VII.KESIMPULAN
Dalam praktek
ini siswa diajak untuk mengenal fungsi proteus 7 dan siswa dapat menggunakan
proteus 7 sesuai dengan fungsinya.Siswa juga diajak untuk membuat berbagai
jalur dan meletakkan komponen-komponen,sehingga siswa dapat mengetahui
kesalahanya.
MENGETAHUI
KLATEN 26 AGUSTUS 2016
Pembimbing Penulis
(Y.Prasetya Adi
Nugroho) (Aditya Hermawan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar